4 SIKAP MENTAL PENGHAMBAT MENGALAMI TEROBOSAN HIDUP

Banyak orang yang ingin mendapatkan terobosan atau pun perubahan yang signifikan dalam kehidupannya, namun seringkali kenyataannya tidak sesuai dengan harapan. Apa saja yang menjadi faktor penyebabnya?

Ada 4 sikap mental utama yang menjadi penghambat hal tersebut :

1. RENDAH DIRI

Seseorang merasa rendah diri karena berusaha SELALU MEMBANDINGKAN kondisi dirinya dengan kondisi orang lain. Seharusnya dia tidak perlu merasa rendah diri kalau dia tidak membanding-bandingkan kondisi dirinya saat ini dengan orang lain. Dia sebenarnya hanya perlu untuk membandingkan kondisinya saat ini apakah ada perubahan dibandingkan dengan kondisi dirinya sebelumnya. Dia tidak perlu merasa harus bersaing dengan orang lain. Tapi dia harus bersaing dengan dirinya sendiri dan harus berusaha selalu lebih baik dan lebih maju di masa depan.

2. MALAS

Kendala berikutnya yang menyebabkan seseorang sulit mengalami perubahan atau pun terobosan adalah karena rasa MALAS. Banyak orang yang hidupnya sekedar makan, minum, dan tidak melakukan kegiatan apa-apa dalam kesehariannya. Hidupnya hanya mengalir begitu saja tanpa arah yang jelas. Hal ini dapat terjadi karena dia belum memiliki value atau nilai dalam hidupnya.

3. MENTAL BUDAK

Seseorang yang memiliki MENTAL BUDAK adalah seseorang yang tidak bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, terhadap orang lain, atau pun terhadap lingkungannya. Orang-orang seperti ini terbiasa untuk menerima daripada memberi sesuatu. Lebih sering meminta daripada memberikan sesuatu.

4. BEBAL

Orang yang BEBAL adalah orang yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk dapat berubah. Karena orang-orang yang seperti ini memang tidak memiliki niat untuk mau berubah walaupun dipaksa. Mereka sulit untuk digerakkan, sulit diberi masukan, dan sulit untuk disuruh belajar. Orang-orang seperti ini harus mengalami proses berdamai dengan dirinya sendiri terlebih dahulu agar bisa mulai digerakkan dan diarahkan ke rel yang benar.

Demikian jika ingin mengalami terobosan atau perubahan yang signifikan, usahakan agar membenahi diri dari ke 4 sikap mental gagal tersebut.

Salam Sukses Maksimal !

Ferry Santosa
(081320973433)

Comments are closed.